Jumat, 04 November 2011

Aduuh sakitnyaa gigikuuu.....

Gigi merupakan organ tubuh yang tidak kalah pentingnya dengan jantung, ginjal, dan lainnya. Pada anak-anak, gigi ini seringkali menimbulkan masalah mulai dari gigi keropos hingga gigi berlubang. Untuk anak balita masalah juga timbul pada saat akan tumbuh gigi, terkadang bunda suka bingung yaa kalau anaknya belum numbuh gigi padahal seharusnya sudah waktunya tumbuh. Bunda pasti khawatir dan segera membawa balitanya ke dokter gigi untuk konsultasi. Lain halnya dengan anak-anak diatas 3 tahun bahkan 5 tahun, masalah gigi yg timbul lain lagi, biasanya gigi berlubang.
Saat ini saya akan berbagi info mengenai makanan yang bisa menimbulkan kerusakan gigi pada anak-anak, bukan bayii yaa bundaaa....
Sebetulnya apa sajakah penyebab kerusakan pada gigi anak kita ya bun...nah, ini ada beberapa hal yg mempengaruhinya:
1. Mengkonsumsi makanan panas dan dingin dcalam satu waktu.
Maksudnya terkadang anak2 makan bakso yg panas kemudian minumnya teh botol yg dingin. Kebiasaan ini akan merangsang saraf pulpa untuk berkontraksidan membuat email(lapisan pelindung gigi) rusak. selain email gigi yg rusak, jaringan lunak gusi pun akan rusak karena makanan yang terlalu panas. Kerusakan email dan jaringan lunak ini biasanya dirasakan anak dengan keluhan perih dan warna memerah pada gusi.

2. Kebiasaan mengemut makanan.
Anak-anak kalau disupain makan suka di'emut' kan yaa bundaa...kita terkadang bingung harus diapain ya supaya dikunyah. Kebiasaan menyimpan makanan didalam mulut yg bercampur dengan air liur ini dalam waktu yang cukup lama membuat bakteri terperangkap didalam gigi. Nah denganbanyaknya bakteri yang menempel di gigi maka menimbulkan gigi keropos dan berlubang.

3. Minum susu/Nge-dot sambil tiduran.
Kebiasaan minum susu sambil tiduran membuat pemanis yang ada didalam susu mengendap lama didalam mulut anak kita. Ini yang sering menimbulkan sakit gigi/gigi berlubang.
Selain itu kalau anak kita masih nge-dot sambil tidur itu juga mengganggu pertumbuhan gigi. Biasanya gigi anak terlihat lebih mancung kedepan akibat terkena 'dot'.

Lumayan banyak ternyata yaa bunda kebiasaan2 yang tidak disadari membawa dampak yang lumayan bagi kesehatan gigi dan gusi anak-anak kita. Mulai sekarang diperhatikan yaa buu makanan dan cara makan pada semua anak-anak kita. Mencegah leih baik daripada mengobati.
Sekian infonya bunda...tunggu selanjutnyaa yaa..jangan bosen2 yaa bunda...see uu...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar