Rabu, 02 November 2011

ASI is The Best!

ASI adalah Air Susu Ibu. Makanan terhebat yang berasal dari Allah SWT melalui para wanita untuk diberikan kepada bayi-bayi keturunannya sebagai makanan utama. Asi ini mengandung berbagai macam zat gizi yang sangat diperlukan bayi yang baru lahir hingga usia 2 tahun. Asi juga berguna untuk melindungi bayi kita dari berbagai macam penyakit. Begitu bayi dilahirkan maka pertama yang harus dia minum adalah cairan kuning yg bernama kolostrum yg terdapat pada ASI ibunya. Cairan kolostrum ini berwarna kekuningan mengandung zat gizi serta vitamin untuk menambah kekebalan pada bayi. Dalam suatu penelitian menunjukkan, bayi yang diberi asi secara khusus terlindung dari serangan penyakit sistem pernapasan dan pencernaan.

Tuu bunda... besar kan ya manfaat ASI. yuuk kita galakkan bersama gerakan sadar ASI, berikan Air susu kita kepada bayi kita agar dia tumbuh sehat dan kuat.
Selain melindungi dari penyakit, ternyata asi juga merupakan penyedia lingkungan yang ramah bagi bakteri 'menguntungkan' yang disebut 'flora normal'. Keberadaan bakteri ini menghambat perkembangan bakteri, virus dan parasit berbahaya.
Kare
na telah diramu secara istimewa, ASI merupakan makanan yang paling mudah dicerna sistem pencernaan bayi yang masih rentan. Karena itulah bayi mengeluarkan lebih sedikit energi dalam mencerna ASI, sehingga ia dapat menggunakan energi selebihnya untuk kegiatan tubuh lainnya, pertumbuhan dan perkembahan organ.

Air susu ibu yang memiliki bayi prematur mengandung lebih banyak zat lemak, protein, natrium, klorida, dan besi untuk memenuhi kebutuhan bayi. Bahkan telah dibuktikan bahwa fungsi mata bayi berkembang lebih baik pada bayi-bayi prematur yang diberi ASI dan mereka memperlihatkan kecakapan yang lebih baik dalam tes kecerdasan.

Hal yang menyebabkan ASI sangat dibutuhkan bagi perkembangan bayi yang baru lahir adalah kandungan minyak omega-3 asam linoleat alfa. Selain sebagai zat penting bagi otak dan retina manusia, minyak tersebut juga sangat penting bagi bayi yang baru lahir.

Omega-3 secara khusus sangat penting selama masa kehamilan dan pada tahap-tahap awal usia bayi yang dengannya otak dan sarafnya berkembang secara nomal. Para ilmuwan secara khusus menekankan pentingnya ASI sebagai penyedia alami dan sempurna dari omega-3. 3

Selanjutnya, penelitian yang dilakukan para ilmuwan Universitas Bristol mengungkap bahwa di antara manfaat ASI jangka panjang adalah dampak baiknya terhadap tekanan darah, yang dengannya tingkat bahaya serangan jantung dapat dikurangi. Kelompok peneliti tersebut menyimpulkan bahwa perlindungan yang diberikan ASI disebabkan oleh kandungan zat gizinya.

Disamping itu, penelitian oleh Dr. Lisa Martin dari Pusat Kedokteran Rumah Sakit Anak Cincinnati di Amerika Serikat, menemukan kandungan tinggi hormon protein yang dikenal sebagai adiponectin di dalam ASI. Kadar Adiponectin yang tinggi di dalam darah berhubungan dengan rendahnya resiko serangan jantung. Lebih dari itu, mereka juga menemukan keberadaan hormon lain yang disebut leptin di dalam ASI yang memiliki peran utama dalam metabolisme lemak.

Fakta tentang ASI tidak berhenti hanya sampai di sini. Peran penting yang dimainkannya terhadap kesehatan bayi berubah seiring dengan tahapan-tahapan yang dilalui bayi dan jenis zat-zat makanan yang dibutuhkan pada tahapan tertentu. Kandungan ASI berubah guna memenuhi kebutuhan yang sangat khusus ini.

ASI, yang selalu siap setiap saat dan selalu berada pada suhu yang paling sesuai, memainkan peran utama dalam perkembangan otak karena gula dan lemak yang dikandungnya. Disamping itu, unsur-unsur seperti kalsium yang dimilikinya berperan besar dalam perkembangan tulang-tulang bayi.

Meskipun disebut sebagai susu, cairan ajaib ini sebenarnya sebagian besarnya tersusun atas air. Ini adalah ciri terpenting. Sebab selain makanan, bayi juga membutuhkan cairan dalam bentuk air. Keadaan yang benar-benar bersih dan sehat mungkin tidak bisa dimunculkan pada air atau bahan makanan, selain pada ASI.

Penelitian ilmiah juga menunjukkan bahwa perkembangan kemampuan otak pada bayi yang diberi ASI lebih baik daripada bayi lain. Penelitian pembandingan terhadap bayi yang diberi ASI dengan bayi yang diberi susu buatan pabrik oleh James W. Anderson.

Seorang ahli dari Universitas Kentucky membuktikan bahwa IQ (tingkat kecerdasan) bayi yang diberi ASI lebih tinggi 5 angka daripada bayi lainnya. Berdasarkan hasil penelitian ini ditetapkan bahwa ASI yang diberikan hingga 6 bulan bermanfaat bagi kecerdasan bayi, dan anak yang disusui kurang dari 8 minggu tidak memberikan manfaat pada IQ.

Ciri menakjubkan lain dari ASI adalah fakta bahwa ASI sangat bermanfaat bagi bayi apabila disusui selama dua tahun. Pengetahuan penting ini, hanya baru ditemukan oleh ilmu pengetahuan, telah diwahyukan Allah empat belas abad silam di dalam ayatNya : "Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan..." (QS. Al-Baqarah, 2 : 23)
Baiklah bunda..sekian sharing tentang ASI nya yaa..waah, pasti seneng, bangga dan haru yaa buat bunda yang telah berhasil menyusui anak-anaknya hingga 2 tahun yang dinamakan ASI exclusive. Pahalanya tak terhingga yaa bunda....hanya Allah SWT yang dapat membalas keikhlasan bunda menyusui anak-anaknya. sampai jumpa lagi di sharing dan tips berikutnya yaa bun....see u..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar