Kamis, 03 November 2011

Manfaat Sayur

haii bunda ketemu lagi di sharing selanjutnya. saya sekarang mau sharing tentang manfaat sayuran terutama bagi anak-anak. Semua ibu2 sepertinya sudah tau ya kalau sayur itu besar sekali manfaatnya tetapi terkadang kita hanya tau sekilas saja bahwa 'pokoknya yang penting makan sayur'. Nah bunda, sebetulnya ada berbagai macam sayuran dilihat dari warna sayurnya, tuuuhh beluum pada tauu kan yaaa...yuukk simak yaa sharing saya berikut ini :

1. sayuran berwarna merah
contohnya : bayam merah, tomat.
Sayur dan buah yang warnanya merah ini mengandung
zat yang namanya antosianin dan likopen. Antosianin berfungsi untuk mencegah infeksi dan kanker kandung kemih, sedangkan Likopen berfungsi untuk menghambat kemunduran fisik dan mental pada seseorang agar tidak mudah pikun. Selain itu likopen juga membantu mencegah bermacam-macam penyakit kanker. Semua sayuran yang mengandung warna merah sangat bagus untuk dikonsumsi karena dapat menghindarkan kita dari resiko kanker.

2. Sayur berwarna jingga.
contohnya : wortel, ubi, labu.
Sayuran yang berwarna jingga ini banyak mengandung Betakarotin. Fungsi dari betakarotin ini
adalah untuk menghambat proses penuan pada sel-sel. Selain itu betakarotin yang ada dalam tubuh berubah menjadi vitamin A yang dapat memacu sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit. Khusus untuk wortel, dia mengandung kalsium pektat yang berguna untuk menurunkan kadar lemak dalam darah. Semua sayur dan buah yang bertwarna jingga mengandung vitamin A yang cukup untuk kesehatan mata.
Perbanyaklah makan wortel yaa bunda terutama untuk anak-anak agar mata nya tidak cepat rusak.

3. Sayur berwarna kuning.
contoh : paprika dan jagung muda.
Sayur dan buha berwarna kuning ini kaya akan Kalium yang dipercaya dapat memerangi strokedan jantung koroner. Selain itu sayuran yang berwarna kuning ini juga ampu
h memerangi katarak, serangan jantung, dan stroke.

4. Sayuran berwarna Hijau
contoh : bayam, caisim, kangkung.
sayur dan buah warna hijau ini banyak mengandung asam alegat yang ampuh mencegah tumbuhnya bibit sel kanker jenis apapun. Asam alegat juga membantu menormalkan tekanan darah. Sayuran yang berwarna hijau ini juga mengandung vitamin C dan B kompleks, selain itu mengandung zat besi, fosfor, kalsium, magnesium, betakarotin dan yang pasti sangat banyak mengandung serat. Sayuran hijau inilah yang paling mudah kita temui ya bundaa...

5. Sayuran berwarna Putih
contoh : sawi putih, kol, rebung, taoge.
sayuran yang berwarna putih juga banyak mengandung serat yang berfungsi melancarkan BAB dan mencegah sembelit. Selain itu sayuran berwarna putih terutama taoge banyak mengandung vitamin C dan E apabila dimakan mentah atau setengah matang.

Nah bunda...itulah beberapa kandungan dan manfaat dari sayuran menurut jenis warnanya. Sebetulnya masih banyak lagi manfaat sayuran. Mulai sekarang usahakanlah selalu ada menu sayuran disetiap hidangan dirumah terutama buat anak2. Nanti saya akan berikan beberapa menu makanan yg mengandung sayur agar mudah disukai oleh anak2. Nantikan terus yaa bundaa...selamat memasak!





Tidak ada komentar:

Posting Komentar