Jumat, 04 November 2011

Tips Mencegah Gigi Balita kita Berlubang

Haloo bundaa .....masih setia menyimak kan yaaa... nah barusan saya menulis tentang gigi sekarang saya memberikan tips mencegah gigi berlubang terutama pada balita. Tips ini saya dapatkan dari blog kidzdentalcare.blogspot semogaa berguna yaa bunda. Ini dia tips2nyaa silahkan dicatat kalau perlu yaaa....

1. Berikan Asi, minimal sampai umur balita kita 6 bulan.

2. Jangan biarkan anak tertidur sambil minum susu menggunakan dot.

3. Ketika anak berusia 6 bulan, ia sudah boleh mengkonsumsi makanan tambahan. Anak dapat mulai diajarkan minum susu menggunakan baby cup. Hal ini untuk mengurangi waktu terpaparnya gigi dengan asam.

4. Diantara waktu minum susunya, selalu berikan AIR PUTIH tanpa gula.

5. Selalu bersihkan gigi anak dengan kassa dan air hangat minimal 2x sehari.

6. Setelah anak boleh mengkonsumsi makanan tambahan, batasi pemberian jus buah, minum-minuman manis pada anak. Buah-buahan dapat diberikan dalam bentuk buah segar.

7. Hindari kontak antara mulut bayi, dot, makanan/minuman bayi dengan mulut ibu/pengasuh. Hal ini dapat menyebabkan transmisi bakteri kedalam mulut bayi. Terutama apabila ibu/pengasuh memiliki karies gigi yang belum dirawat/ditambal.

8. Mulai usia 6 bulan, bersihkan gigi anak dengan sikat gigi yang lembut khusus bayi tanpa pasta gigi. Setelah anak dapat meludah/mengeluarkan busa maka boleh menggunakan pasta gigi. Selalu dampingi dan bantu anak menyikat gigi sampai ia mahir sekitar umur 8 thn.

9. Ketika anak berusia 1 tahun seharusnya sudah berhenti minum menggunakan dot, melainkan menggunakan baby cup. Jangan lupa selalu ajak anak ke dokter gigi ketika usianya sudah 1 tahun.

1o. Ketika anak sudah boleh mengkonsumsiberagam makanan, maka batasilah makan biskuit, cookies, permen, jus buah, soft drink, dan minuman manis lainnya. Potongan buah, sandwich, keju, sayuran akan lebih bermanfaat untuk kesehatannya.

Demikianlah tips-tipsnya bunda..semoga bermanfaat yaa..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar