Rabu, 02 November 2011

Masakan Favourite 'SOTO BANDUNG'

haii bundaaa ..apa kabarnyaa? semoga selalu sehat wal afiat yaa amieen..
Sudah lama saya tidak sharing lagii maaf yaa karena ada sedikit kesibukan jadi kurang bisa update blog. Kali ini saya mau sharing resep favourite keluarga kecil saya. Anak saya syaffa paling suka kalau sudah dimasakin 'SOTO BANDUNG'. Resep ini saya dapatkan dari ibu mertua saya, beliau di setiap acar selalu masak menu soto bandung ini buat semua cucu2nya dan lahamdulillah semua doyaan..hihihi yaiyalaah kan bumbunya juga enaak... Saya akan berbagi resep dan cara pembuatan SOTO BANDUNG, semoga bunda2 dapat mencontohnya dan mempraktekannya dirumah. Berikut yaa bundaa..:
1. Bahan Soto Bandung
- 500 gram daging sapi, rebus hingga lunak kemudian potong dadu
- lobak 1 buah, dikupas, iris tipis, tumis sebentar agar sedikit layu kemudian tiriskan.
- 50 gr kedelai goreng.
- seledri 2 batang diiris tipis.
- daun bawang 2 batang diiris tipis.
- bawang merah goreng kurang lebih 4 sendok makan.

2. Resep Bumbu soto bandung
- bawang putih yang disangrai terlebih dahulu
- 2 lbr daun salam
- lengkuas 1 ruas jari, dimemarkan.
- 1cm jahe, memarkan.
- 1 sdt merica bubuk.
- garam secukupnya.
- 1sdt gula pasir sebagai penyedap rasa.
bunda semua bumbu ini dihaluskan yaa atau 'diuleg' supaya mudah menyerap setelah itu ditumis sebentar agar aromanya bawang putih keluar dan wangi menambah selera makan.

CARA MEMBUAT Soto Bandung :
1. Air kaldu dan daging direbus hingga mendidih.
2. Masukkan semua bumbu yg telah dihaluskan dan ditumis, masak hingga mendidih dan bumbu meresap.
3. Tambahkan lobak yg sdh ditumis, aduk rata.
4. Tuangkan soto yang sudah matang kedalam mangkok saji.
5. Tambahkan kedelai goreng, seledri, daun bawang, taburi dengan bawang goreng. Sajikan dengan pelengkap sambal, jeruk nipis dan kecap.

TIPS Soto Bandung : Sambalnya bisa dibuat dari cabai rawit rebusyang dihaluskan ditambah air sedikit, cukadan garam.

Nah bunda...mudah bukan? dan cepat lho penyajiannya dimakan dengan lontong atau nasi juga cocok. Apalagi ditambah suasana dingin kota bandung/bogor atau pada saat musim hujan ini bisa jadi makanan favourite keluarga lhoo karena mampu menghangatkan tubuh. Yuuk bunda silahkan dipraktekkan resep kesukaan keluarga saya..Selamat Mencobaa yaa bundaa...

4.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar